Rabu, 11 Mei 2022

The Journey: Happening nya Sendal Crocs (Ini Versi Gue ya dari Apa yang Gue Tangkap di Lapangan Maupun di Social Media)

     Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 
Bagaimana kabar teman-teman semua? Semoga dalam keadaan baik, sehat wal afiat dan selalu ada dalam lindungan Nya. Aamiin... 

     Sebelumnya gue mau ngucapin selamat lebaran 1443 H, maaf kalau rada telat wkwkwkwkwkwkwkwk. Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin. Bila ada salah, mohon dimaafkan ya teman-teman.

     Hari ini gue bakalan bahas dari apa yang pernah gue lihat berdasarkan pengalaman, baik yang gue lihat dari lapangan langsung maupun nggak SamSek. Sebenernya gue lebih ke experience nya aja. Siapa sih yang ga kenal sendal CROCS? Kedengerannya udah WOW yah. Sebenernya itu udah happening banget, banget, dan banget lah di jaman gue kelas 6 SD. Walaupun sekarang udah ga setenar itu, tapi yang gue salut adalah CROCS selalu mengeluarkan inovasi barunya setiap tahun dan ga bakalan tergantikan lah. Itu yang benar-benar gue salut. Salutnya kenapa? Karena gue melihat ga cuma mengutamakan model bahkan inovasi, tapi juga comfortable nya si CROCS ini bagi si pemakainya. Itu alasan mengapa gue salut ama produk ini.

     Gue akan jelasin sesuai dengan apa yang gue lihat terjun langsung ke lapangan. Jadi waktu di bangku kelas 6 SD sekitar semester 2 menjelang UASBN di kelas gue tuh rata-rata tiap hari sabtu (itu jadwal pemantapan buat persiapan UASBN) pasti pake sendal CROCS. Mayoritas di kelas gue pasti pake sendal itu. Waktu itu cuma gue pake sendal "Krok-Krok" an lah (maksud gue model KW. Bukan CROCS, cuma nama sendalnya klo ga salah M~158 lupa lagi gue, jadi mon maap aja kalo agak lupa). Ama satu temen gue yang laki malah diledekin pake jingle Inaco diplesetin, "Inaco Nempel di Kaki". Gue ga ngerti maksudnya apa? Apa karena gue ga pake sendal CROCS ori?

     Itu jujurly, gue beli sendal "Krok-Krok" an di hypermarket dengan harga 40 ribu atau 30 ribuan kalo ga salah. Serius. Dan pas gue pake ke sekolah waktu pemantapan malah gue kena ledek karena ga pake sendal CROCS. Dalam hati beneran gue kesel. Apaan sih maksudnya? Gue juga beneran iri ama yang lain serius. Yang lain mah enak pake sendal CROCS, gue yang cuma pake "Krok-Krok" an. Makanya karena kesel, pas begitu udah lulus SD, gue beli sendal CROCS kelas KW lah di supermarket deket rumah, itupun model sendal jepit. Ada logonya kan, ya gue gunting logonya, terus gue tempel pake solasi ban berlapis-lapis. Terus di mall pun, dulu nama mall nya masih BSM (belom ganti jadi TSM), Orang-orang di atas, bawah, kanan, kiri, depan, belakang pada pake sendal CROCS. Itu yang sampai sekarang gue masih penasaran itu happeningnya karena apa. Apakah karena ada artis yang pake atau justru yang lainnya?

     Or because of the comfortable? Or a design maybe? Ada yang bisa bantu jawab? Sebenarnya ini gue penasaran kenapa di jaman itu CROCS happening banget. Coba aja, di mall. Orang-orang kebanyakan dari kiri, kanan, depan, belakang, atas bahkan bawah pada pake CROCS. Bahkan di sekolah gue pun mayoritas anak-anak yang ada disitu pada pake CROCS. But I don't know what happen? Ga tau. Itu pas jaman CROCS lagi happening gue beneran kaget. Se terkenal itu karena apa? Bahkan begini ya, gue kepengen banget waktu itu pengen beli sendal CROCS yang ori di mall. Cuma bukannya ga dibolehin ya, entah faktor apa gue ga bisa beli itu sendal waktu itu. Apa mungkin faktor ekonomi, ya bisa jadi. Bayangkan saja, dulu terakhir gue ngunjungin CROCS official store nya di BSM (sekarang TSM) pas kelas 6 an, sendal tipe apa gitu gue udah lupa. Satunya 300 ribu lebih. Model Classic sekarang aja hampir 800 ribu lebih bahkan jutaan rupiah sepasang. Ukuran anak kecil aja 500 ribu di model Classic. Agak WOW banget harganya beneran.

     Kemudian pas jaman SMA, CROCS lagi-lagi happening dengan model MaryJane. Langsung aja gue beli. Itu pas bulan puasa menjelang lebaran. Itu juga masih jadi tanda tanya, happening nya karena apa? Banyak cewek yang pake model itu. Cuma sendal gue sekitar 2 tahun kemudian bagian strap nya sobek. Jadi ga gue pake lagi. Lama-lama, jaman kuliah sampai kesana sananya udah kayak kelelep aja. Maksud gue kayak ditelan bumi. Mana nih CROCS? Kok ga se-Happening dulu? Memang sih tiap tahun pasti ganti musim ini lah atau itu. Jaman SMP happening nya topi brand NEW ERA. Lama-lama kelelep seiring berubahnya waktu. Dulu di jaman happening nya CROCS, ada yang KW nya. Bahkan di jaman NEW ERA pun ada yang KW nya. Mungkin di jaman itu benar-benar jadi trend banget. Kemudian sekitar tahun 2021 an, sendal CROCS happening lagi gara-gara drakor "Hospital Playlist", bahkan boyband. Gue juga ga tau ya, ini beneran baru tau sekarang dari TikTok. Kaget, gue emang sekarang ga pernah ngikutin perkembangannya. Cuma sekarang ya gara-gara ponakan gue pake CROCS karena ga ada sendal buat pergi-pergi kan, gue mulai cari tau lagi. Apa benar CROCS trend lagi? Bahkan gue yang sekarang ga punya sendal pergi sama sekali (jadi tiap pergi-pergi gue selalu pake sendal Swallow) malah mau beli CROCS lagi biar ada sendal buat pergi-pergi.

     Gue malah sekarang malah makin kepo ke brand CROCS ini. Ga se happening awal-awal, cuma masih laku karena apa. Apakah karena inovasinya, atau mengutamakan kenyamanan. Gue tau, yang namanya alas kaki pasti mengutamakan kenyamanan, ga cuma sekedar desain aja. Setiap brand alas kaki pasti punya inovasi dan desainnya masing-masing sehingga menciptakan sesuatu yang baru. Ini yang paling menarik, soal branding, promotion dan selling. Kok malah jadi bahas bisnis sih? Wkwkwkwkwk... Ada kaitannya jadi teman-teman. Kayak begini, CROCS itu adalah sebuah brand alas kaki seperti yang kita tau. Lalu promotion, sebelum ke tahap promosi pasti bakalan bikin perencanaan dulu. Rencananya mau bikin jenis apa dan model apa dengan memunculkan inovasi inovasinya. Kemudian setelah planning rampung, baru deh mulai di Produce. Dan setelahnya mulai diperkenalkan ke publik sebelum dipasarkan, berawal dari iklan. Iklan itu tujuannya biar orang tertarik untuk membeli si barangnya kan. Baru disitu pasti orang pada penasaran dan pengen beli. Barulah dipasarkan dan dipromosikan lagi secara gencar.

     Brandingnya emang udah bagus, dan sekarang pun dengan adanya platform lain seperti YouTube, TikTok hingga berbagai social media akan semakin terbantu. Bahkan terakhir tadi, gue lihat iklan sendal CROCS di youtube benar-benar WOW dan di TikTok juga. Terakhir gue fokus lihatnya ke 2 platform itu. Dengan memasukkan keywords nya, tinggal lihat promosinya.

Itu aja yang bisa gue paparin hari ini. Mohon maaf kalo agak berantakan dan kurang jelas.

See U Next Time

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh